Friday, 5 July 2013

Apa sajakah lagu-lagu terbaik dari Kla Project?  Grup musik yang mulai eksis di awal tahun 90-an ini memang dikenal sebagai salah satu legenda di dunia musik Indonesia karena mampu menciptakan berbagai lagu-lagu dengan lirik yang luar biasa indah.  Namun, di antara lagu-lagu tersebut, pasti ada yang memiliki nilai plus baik dari segi musikalitas, makna, maupun secara komersial.

Di artikel ini, kita akan membahas 10 lagu terbaik Kla Project.  Artikel ini juga berfungsi untuk mengobati kerinduan anda pada grup musik yang dimotori oleh  Katon Bagaskara, Romulo Radjadin (Lilo), dan Adi.  Langsung saja, berikut 10 lagu masterpiece Kla Project versi Top10Artis:



10.  Romansa


Dari liriknya, sudah ditebak bahwa lagu "Romansa" ini bertemakan cinta.  Memang, Kla Project adalah yang nomor satu di Indonesia soal masalah lagu romantis.  Lirik-lirik dalam setiap lagunya benar-benar memiliki makna yang dalam dan memesona setiap pendengarnya.  Lagu ini hanyalah satu dari bukti kejeniusan Katon dan kawan-kawan sebagai seorang musisi.

Versi video klip dari lagu  Romansa boleh dibilang cukup unik untuk lagu masa itu.  Bagaimana tidak, video klip ini berdurasi 8 menit, dengan bagian intro yang cukup panjang, sekitar 4 menit.  Video klipnya pun bercerita tentang dunia digital, di mana Kla Project bermain musik di lingkungan yang serba futuristik.



9.  Belahan Jiwa


Lagu ini mungkin memang belum sempat dibuat versi videoklipnya, namun tak disangka popularitasnya cukup tinggi di kalangan penggemar musik Indonesia.  Lagu "Belahan Jiwa" berkisah tentang kehidupan seorang pria yang berada di suatu tempat yang jauh yang merindukan kekasihnya di tempat asalnya.  Kerinduan itu hanya bisa terobati dengan membaca surat-surat sang gadis yang terkadang juga membuat hatinya makin lara.  Namun begitu, sang lelaki merasa tidak putus asa dan percaya bahwa sang gadis akan senantiasa mendoakan dan setia untuknya.  Pada akhirnya, sang lelaki bertekad untuk menjemput sang gadis pujaan layaknya seorang pangeran menjemput seorang putri.  Benar-benar puitis!



8.  Tak Bisa Ke Lain Hati


Lagu ini pasti memiliki nilai nostalgia tinggi bagi anda yang menghabiskan masa muda di pertengahan tahun 90-an.  Bagaimana tidak, Tak Bisa Ke Lain Hati saat itu adalah lagu cinta paling populer di Indonesia, dan dengan sukses dibawakan oleh Kla Project.  Selain disebut-sebut sebagai lagu Kla yang memiliki lirik terkuat, lagu ini juga mempunyai bagian refrain yang luar biasa.

Jika anda menyimak lagi video klipnya, mungkin saat ini akan terlihat lucu.  Katon terlihat menyanyi hanya menggunakan singlet, dan banyak aksi yang saat ini justru membuat tertawa.  Namun begitu, Kla Project membuktikan bahwa lagu yang baik tidak ditentukan oleh penampilan penyanyi atau keindahan video klipnya, namun lebih pada penjiwaan sang musisi.



7.  Kidung Mesra


Lirik lagu Kla Project selalu penuh dengan makna yang indah.  Kata-katanya terdengar puitis, bersayap, tidak mudah dipahami, namun apabila dihayati lagi anda akan menemukan keindahan yang sejati dari lagu-lagu tersebut.  Lagu Kidung Mesra adalah salah satu contoh lagu Kla Project yang memiliki lirik yang memerlukan pemahaman mendalam.

Walaupun bertema cinta, lagu Kidung Mesra bukanlah lagu romantis kebanyakan yang mengumbar kata-kata gombal.  Lagu ini justru mengandung pujian yang tidak langsung namun sangat mengena di hati.  Dengarkan saja lagu ini dan pejamkan mata anda untuk memahami makna sesungguhnya.



6.  Tentang Kita


Jika ada lagu yang dianggap paling berjasa dalam mengangkat nama Kla Project, mungkin "Tentang Kita" adalah lagu tersebut.  Pertama kali dibawakan pada tahun 1988, lagu inilah yang pertama kali ditampilkan oleh Kla Project di televisi Indonesia.  Dalam video klip, terlihat para personil Kla masih sangat muda, naif, dan terlihat polos.

Walaupun merupakan lagu debut, kualitas "Tentang Kita" tidak kalah dengan lagu-lagu Kla Project lainnya.  Apalagi lagu ini dinyanyikan bersama Sisca, seorang penyanyi wanita yang mungkin tipe suaranya saat ini sangat susah dicari di Indonesia.



5.  Menjemput Impian


Lagu Kla Project ini memiliki lirik yang indah, penuh harapan akan masa depan cinta yang indah.  Lagu ini tergolong sebagai sebuah lagu yang dibuat ketika Kla sudah menjadi sebuah grup musik yang dewasa dan melalui berbagai badai di dunia industri musik Indonesia.  Dirilis pada tahun 2000, lagu "Menjemput Impian" ini tetap mempertahankan idealisme Kla Project dalam bermusik.

Selain indah secara musikalitas, video klip lagu "Menjemput Impian" juga dibuat dengan sangat artistik dan disutradarai oleh Rizal Mantovani.  Kisah di balik lagu ini juga sangat mengharukan, di mana seorang pria berniat pulang untuk menjemput kekasihnya dan membawanya bersama mengarungi hidup.



4.  Negeri di Awan


Lagu yang sempat menjadi soundtrack serial "Anak Seribu Pulau" ini benar-benar bisa menghanyutkan para pendengarnya.  Dibawakan dengan nada yang tenang, suara merdu seorang Katon Bagaskara bagaikan menghipnotis telinga kita dengan nada-nada indah nan puitis.  Lagu ini tidak bercerita tentang cinta sepasang kekasih, namun lebih mendeskripsikan keindahan sebuah negeri di awan, yaitu Indonesia.

Selain lirik dan nada-nadanya yang sakti, video klip "Negeri di Awan" juga dibuat langsung oleh Garin Nugroho, salah satu sutradara paling berprestasi di Indonesia.  Tidak salah jika lagu ini dimasukkan di deretan atas sebagai lagu terbaik Kla Project.



3.  Saujana


Sebelum Kla Project menyanyikan lagu ini, mungkin tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui arti kata "Saujana".  "Saujana" adalah sebuah kata sakral yang berarti "sejauh mata memandang".  Penggunaan kata-kata yang terkesan tidak lazim namun indah ini membuktikan bahwa Kla Project tidak sembarangan dalam membuat lirik.  Setiap kata di dalam lagu-lagu Kla Project selalu dipikir dengan matang, diolah dan dipilih agar bisa menciptakan sebuah lagu yang puitis dan bermakna mendalam.  Secara musikalitas, lagu Saujana ini bisa membuat anda merinding ketika mendengarkannya.  Benar-benar lagu sakti yang menggetarkan jiwa.



2.  Yogyakarta


Jika ada grup musik yang membuat nama suatu kota terkesan begitu indah, maka itu adalah Kla Project dengan lagu "Yogyakarta"-nya.  Berkat lagu ini, Kla Project bahkan mendapat penghargaan langsung dari Sri Sultan HB X, raja sekaligus gubernur Jogja.  Lagu ini bercerita tentang keindahan dan romantisme yang bisa kita temui di kota Yogyakarta.  Jika anda lahir atau mungkin hanya pernah tinggal di Yogyakarta, pasti lagu ini bisa membuat hati anda merasa tersentuh, apalagi apabila anda sedang tidak berada di Yogyakarta.  Bahkan ada yang meneteskan air mata karena teringat akan keindahan dan kesederhanaan di Yogyakarta.  Benar-benar sebuah lagu masterpiece!



1.  Terpuruk Ku Di Sini


Masyarakat Indonesia patut berbangga karena memiliki grup musik yang bisa membuat lagu seindah "Terpuruk Ku Di Sini".  Dari segala aspek, lagu ini benar-benar sempurna.  Liriknya misterius, enigmatis, indah, dan membuat kita berpikir.  Secara musikalitas, nada-nada lagu ini sangat original, inovatif, dan bisa membuat kita merinding ketika mendengarkannya.

Jika lagu "Tentang Kita" menjadi lagu yang mengawali langkah Kla Project di dunia hiburan Indonesia, maka "Terpuruk Ku Di Sini" adalah lagu yang melambungkan nama grup band ini menjadi salah satu grup musik papan atas Indonesia.  Memang pantas jika akhirnya "Terpuruk Ku Di Sini" disebut sebagai lagu terbaik Kla Project.  Lagu ini bahkan dicover langsung oleh Ahmad Dhani, pentolan grup Dewa 19 sebagai lagu persembahan untuk mengenang Kla Project.  Luar biasa!