Wednesday, 3 July 2013

Dewa 19 adalah salah satu grup band yang memegang peranan penting dalam perkembangan musik Indonesia.  Kontribusi grup musik yang dimotori oleh Ahmad Dhani ini terbilang besar, sehingga tidak berlebihan apabila menyebut Dewa 19 sebagai salah satu legenda musik Indonesia.  Di antara puluhan lagu berkualitas yang sudah diluncurkan di pasaran, yang manakah lagu terbaik dari Dewa 19?

Memang, lagu-lagu Dewa 19 tidak hanya berkualitas dan enak didengar.  Lirik-liriknya memiliki makna yang dalam, serta secara musikalitas juga sangat layak untuk dipuji.  Tak heran, grup ini tidak hanya dikenal di dalam negeri, namun juga di luar negeri.  Nah, langsung saja, berikut daftar 10 lagu terbaik Dewa 19 versi Top10Artis:




10.  Selimut Hati



Lagu bertempo pelan ini pasti memilki kesan tersendiri bagi penggemar Dewa 19.  Bagaimana tidak, di dalam video klip lagu ini tidak hanya tampil para personil grup band, melainkan juga istri-istrinya.  Tentu saja dalam video juga muncul Maia (masih berstatus sebagai istri Ahmad Dhani) dan Mulan Jameela, yang saat itu masih terlihat akur.

Terlepas dari faktor tersebut, lagu Selimut Hati memang sangat enak dinikmati.  Lagu ini juga cocok dinyanyikan unuk merayu kekasih anda, atau sebagai pengiring tidur orang yang anda cintai.  Benar-benar indah, romantis, dan memukau.



9.  Aku Di Sini Untukmu


Lagu ini menunjukkan kreativitas Dewa sebagai grup band yang tidak hanya membuat musik yang mengikuti selera pasar.  Pada masanya, lagu seperti Aku di Sini Untukmu terbilang bukan jenis lagu yang digemari oleh label musik.  Namun tampaknya Ahmad Dhani dan kawan-kawan tidak mau berkompromi dan tetap mempertahankan idealisme mereka.

Dinyanyikan oleh Ari Lasso, lagu ini seolah memiliki sihir bagi yang mendengarkannya.  Kita akan dibuat terkesima dengan melodi yang mengalun bagaikan nada-nada mistis.  Apabila kita cermati lagi, ternyata lirik dari lagu Aku di Sini Untukmu juga menyimpan makna yang dalam.



8.  Kamulah Satu-Satunya


Lagu klasik yang sangat populer di pertengahan tahun 90-an.  Kamulah satu-satunya menampilkan irama musik yang sedikit berbeda dari lagu-lagu Dewa 19 sebelumnya.  Terasa ringan, enak didengar, dan membuat kita ingin ikut bergoyang mengikuti irama lagu ini.  Bagian reff dari Kamulah Satu-Satunya juga didukung oleh Maia yang saat itu masih menjadi wanita nomor satu di hati Ahmad Dhani.

Video klip Kamulah Satu-Satunya juga terbilang kreatif.  Di video ini, tampak sepasang kekasih yang saling mencintai dari muda hingga tua.  Tidak hanya model video klip yang menjadi tua, namun para personil Dewa 19 juga bertransformasi menjadi kakek-kakek berambut putih yang beraksi di atas panggung.



7.  Elang


Penuh semangat, tegas, keras, dan mantap.  Lagu Elang agaknya pantas disebut salah satu lagu bernuansa rock terbaik dari Dewa 19.  Selain membuat kita bersemangat ketika mendengarkannya, lagu ini juga membuat rasa untuk berpetualang dalam diri kita kembali bangkit.  Cobalah mendengarkan Elang di saat anda merasa sedih, pasti dengan cepat anda akan kembail bersemangat.

Dinyanyikan oleh Ari Lasso, lagu Elang benar-benar menyajikan nuansa musik baru yang membuat para pendengarnya merasa senang mendengarkannya.  Walaupun demikian, lagu ini bukan lagu yang mudah untuk dimainkan ataupun dinyanyikan.



6.  Cukup Siti Nurbaya


Satu lagi lagu bernuansa rock yang layak dimasukkan sebagai satu dari sepuluh tembang terbaik grup Dewa 19.  Cukup Siti Nurbaya menceritakan kisah cinta sepasang kekasih yang terhambat oleh berbagai nilai dan norma yang ada dalam masyarakat.  Sangat kritis, kreatif, dan tentu saja membuat para pendengarnya terhipnotis.

Cukup Siti Nurbaya tidak hanya meraih banyak penghargaan dari segi musikalitas, namun juga dari segi video klip, lagu ini pantas untuk dipuji.  Lagu yang dirilis dalam album Terbaik Terbaik ini dirilis pada tahun 1995, dan dibawakan dengan suara indah khas dari Ari Lasso.



5.  Sedang Ingin Bercinta


Lagu ini termasuk salah satu lagu terbaru Dewa 19 yang dinyanyikan pada dekade awal tahun 2000-an.  Di album ini, tampak jelas dominasi Ahmad Dhani dalam cara bermusik grup band Dewa.  Ia tampak sangat banyak mengisi porsi vokal dan lebih berani dalam mencoba jenis-jenis musik baru yang mungkin tidak akan dibawakan oleh Dewa 10 tahun sebelumnya.

Sedang Ingin Bercinta dinyanyikan dalam kombinasi nada-nada rock dan dangdut.  Suara Ahmad Dhani berpadu indah dengan vokal Once, dan sesekali diselingi oleh nyanyian Mulan Jameela yang menggoda.  Benar-benar lagu Dewa yang sangat "Ahmad Dhani".



4.  Cinta Kan Membawamu


Simpel namun indah.  Tak ada lagu Dewa 19 yang bisa mengalahkan Cinta Kan Membawamu secara musikalitas dan kedalaman lirik.  Diproduksi pada awal kemunculan band ini, Cinta Kan Membawamu dengan cepat diterima oleh para kritikus musik dalam negeri.  Walaupun hanya diiringi piano, lagu ini pasti mampu menggetarkan hati para  penggemarnya.

Wajar jika kemudian lagu ini dinobatkan sebagai salah satu lagu Indonesia paling romantis.  Dengarkan saja lirik-liriknya yang menceritakan tentang kerinduan dan keagungan cinta.  Sangat menyentuh hati dan membawa angan anda melayang jauh pada sang kekasih.



3.  Separuh Nafas


Lagu yang muncul dalam album Bintang Lima ini menjadi batu loncatan bagi Once untuk diterima para pecinta musik Indonesia sebagai vokalis utama Dewa 19, menggantikan posisi Ari Lasso.  Lagu ini simpel, namun sangat enak didengar.  Walaupun tergolong easy listening, lagu Dewa yang satu ini sama sekali tidak terkesan murahan dan kacangan.

Pembuatan video klip Separuh Nafas pun terbilang cukup unik karena melibatkan banyak artis di dalamnya.  Sebut saja Titi Kamal, Ade Rai, Joshua, dan masih banyak lagi.  Jika anda menyaksikan video klip ini, pasti anda akan merindukan saat-saat Ahmad Dhani dan Once bisa berkolaborasi dengan sangat sempurna.



2.  Kirana


Jika anda mencari sebuah lagu yang benar-benar idealis namun juga sekaligus berhasil diterima di pasaran, Kirana adalah salah satu contoh yang paling tepat.  Lagu ini tidak hanya bisa mencuri perhatian dari pasar industri musik, namun juga menggabungkan berbagai unsur musik yang sangat kreatif dan mungkin tidak pernah terpikir oleh musisi lainnya.

Lagu ini benar-benar menjadi penanda masa-masa prima seorang Ari Lasso.  Vokalnya dalam Kirana terasa sangat dominan, kuat, dan menghipnotis.  Musik pengiring lagu ini pun menunjukkan bahwa para personil Dewa 19 bukanlah musisi biasa.



1.  Kangen


Jika anda mencari lagu Indonesia paling legendaris yang bisa bertahan dan tetap dinyanyikan selama lebih dari dua dekade, Kirana adalah salah satunya.  Lagu ini dibuat pada awal karir Dewa 19 sekaligus menjadi lagu paling sakti yang pernah diproduksi oleh grup band yang dipimpin oleh Ahmad Dhani ini.  Saking indahnya, lagu Kangen sudah dicover oleh berbagai penyanyi kawakan Indonesia seperti Once dan Chrisye.

Tak banyak lagu di Indonesia yang bisa menyamai kualitas lagu Kangen, terutama secara musikalitas.  Selain populer, lagu ini juga dinobatkan oleh para "Baladewa" (fans grup Dewa 19) sebagai lagu terbaik Dewa 19 sepanjang masa.  Salut untuk kontribusi Ahmad Dhani, Ari Lasso, dan Andra yang begitu besar dalam menciptakan lagu Kangen.

Artikel Lainnya