Thursday, 1 August 2013

Avenged Sevenfold adalah sebuah grup band rock asal Amerika Serikat yang belakangan ini popularitasnya melejit di berbagai negara, termasuk di Indonesia.  Di Indonesia, Avenged Sevenfold memiliki jutaan fans yang kebanyakan datang dari kalangan remaja dan anak muda.  Grup rock ini dianggap memiliki karakter tersendiri dan lagu-lagu yang berkualitas tinggi.

Pada artikel ini, Top10Artis akan menyajikan 10 lagu terbaik dari Avenged Sevenfold.  Band yang beranggotakan 5 orang personil utama ini berhasil membuktikan bahwa nuansa keras dari musik rock bisa juga bertransformasi menjadi sesuatu yang indah dan layak diapresiasi.

by Larissa Midori, Flickr.com via CC


10.  Bat Country


Lagu ini disebut-sebut sebagai salah satu lagu yang membawa Avenged Sevenfold menembus jajaran elit dunia musik internasional.  Prestasi lagu Bat Country yang masuk dalam album berjudul City of Evil dan dirilis pada tahun 2006.  Lagu ini jugalah yang secara drastis berhasil menambah jumlah fans Avenged Sevenfold hingga menembus angka puluhan juta.

Bat Country membawa Avenged Sevenfold memenangkan penghargaan MTV Video Music Awards mengalahkan Rihanna, Panic at The Disco, dan Chris Brown.  Secara kualitas, lagu ini juga memiliki unsur musikalitas yang patut diacungi jempol.



9.  A Little Peace of Heaven


Sangat aneh memang bahwa lagu rock ini memiliki titel yang terkesan sangat damai, bahkan hampir terdengar seperti judul lagu religius.  Namun jangan salah, kualitas lagu A Little Piece of Heaven benar-benar luar biasa dan tidak tertandingi.  Liriknya sangat menyayat hati, dan melodi drum serta synthesizer terdengar sangat dominan dan indah.

Lagu yang dirilis pada tahun 2007 ini juga terbilang cukup kontroversial.  Video klipnya yang dianggap tidak layak ditonton oleh semua kalangan membuat video klip lagu ini sempat hanya diedarkan untuk kalangan tertentu dan memerlukan login khusus untuk mengaksesnya.



8.  Almost Easy


Boleh dibilang lagu inilah yang menjadi tonggak kejayaan Avenged Sevenfold di Indonesia dan negara-negara Asia lainnya.  Bagaimana tidak, Almost Easy menjadi sangat populer setelah ditampilkan sebagai soundtrack resmi film Transformer, sebuah film Hollywood yang sangat terkenal dan dibintangi oleh Megan Fox, salah satu wanita terseksi di dunia.

Almost Easy juga ditampilkan sebagai sebuah lagu andalan ketika Avenged Sevenfold mengadakan konsernya di Indonesia.  Pantas saja bila kemudian lagu ini memiliki tempat khusus bagi fans-fans yang tinggal di Indonesia.



7.  Seize the Day


Jika ditinjau dari segi kualitas video klip, mungkin Seize the Day adalah lagu yang pantas mendapat label "terbaik".  Bagaimana tidak, konsep di dalam video klip lagu ini terlihat sangat matang dan disusun dengan sangat sempurna.  Hal ini benar-benar menjadikan video klip Seize the Day menjadi salah satu yang terbaik dalam industri musik di lima tahun terakhir ini.

Diluncurkan sebagai single, lagu Seize the Day dirilis pada tahun 2006 sebagai bagian dari album ketiga mereka, City of Evil.  Jika menyaksikan video klipnya, sepintas kita akan teringat pada lagu November Rain karya Guns N' Roses.



6.  Warmness on Soul


Tidak semua lagu terbaik Avenged Sevenfold bernuansa hard rock.  Contohnya adalah lagu Warmness on Soul ini yang lebih terkesan memiliki unsur ballad yang kuat dan lebih mudah dinikmati oleh orang awam.  Di Indonesia, lagu Warmness on Soul ini pun sempat beberapa kali terpilih sebagai lagu terfavorit pilihan fans Avenged Sevenfold.

Keindahan dari lagu ini terletak pada melodi dan string piano yang begitu dominan.  Avenged Sevenfold berhasil menunjukkan sebuah bentuk lain dari musik rock melalui lagu Warmness on Soul ini.  Begitu inovatif dan luar biasa indah.



5.  Gunslinger


Rasanya belum lengkap apabila sebuah band rock belum merilis lagu yang bertemakan kritik dan keprihatinan akan berbagai fenomena yang terjadi di dunia ini.  Ya, Avenged Sevenfold pun melakukan hal ini melalui lagu mereka yang berjudul Gunslinger.  Di sini, Avenged Sevenfold menunjukkan kepedulian mereka akan berbagai nilai-nilai kemanusiaan dan perdamaian.

Video klip lagu Gunslinger  bercerita tentang perang dan didedikasikan untuk para prajurit serta tentara Amerika Serikat yang berperang di Afghanistan, Irak, Syria, dan berbagai negara lainnya.  Secara kualitas, lagu ini mampu bersanding dengan What I've Done karya Linkin Park.



4.  Beast and the Harlot


Sebuah lagu rock tak akan lengkap tanpa sebuah aksi scream yang dahsyat.  Ya, lagu Beast and the Harlot ini menyajikan sebuah scream yang benar-benar luar biasa, bahkan mengantarkan Avenged Sevenfold untuk mendapatkan penghargaan The Best Scream yang diadakan dalam sebuah poling salah satu situs gaya hidup pria di internet.

Konsep lagu ini pun begitu dalam dan bisa ditafsirkan ke berbagai hal.  Yang jelas, kualitas drum plus raungan vokal yang terdengar di dalam lagu ini dijamin bisa membuat anda terpukau dan terkesima.  Benar-benar sebuah lagu masterpiece dari Avenged Sevenfold.



3.  Afterlife


Secara musilkalitas, lagu Afterlife ini mungkin yang layak dikategorikan sebagai lagu nomor satu di antara karya-karya Avenged Sevenfold lainnya.  Bagaimana tidak, semua unsur dalam lagu ini terkesan sangat mendetail.  Baik nada-nada dalam gitar, piano, dan synthesizer terdengar begitu rumit dan bersahut-sahutan.  Namun di balik kerumitan itu, terdengarlah satu kesatuan harmoni yang sangat indah.

Dirilis pada tahun 2008, lagu Afterlife ini sempat menduduki peringkat teratas dalam tangga nada di Inggris.  Video klip lagu ini juga digarap dengan sangat baik oleh Wayne Isham, dan game ini juga ditampilkan dalam beberapa game seperti Guitar Heroes 5 dan NHL 09.



2.  Missing in Action (M.I.A)


Dinamis, dramatis, dan menyentuh; kira-kira inilah deskripsi yang paling tepat untuk menggambarkan lagu Avenged Sevenfold yang berjudul Missing in Action ini.  Mungkin lagu ini adalah satu dari sedikit lagu rock yang bisa membuat anda menitikkan air mata dan menangis terharu.  Sama seperti Gunslinger, M.I.A. juga mengangkat tema tentang peperangan.

Dalam video klip lagu ini, dikisahkan beberapa pemuda yang mengikuti wajib militer.  Ketika wajib militer tersebut, beberapa pemuda itu pulang ke tanah kelahirannya sambil mengenang teman-temannya yang gugur di medan perang.  Benar-benar lagu yang sangat mengharukan.



1.  Lost


Akhirnya sampai juga kita pada posisi teratas lagu terbaik Avenged Sevenfold.  Ya, nampaknya lagu Lost sangat pantas menduduki kualitas sebagai yang nomor satu, karena selain memiliki kualitas musik yang luar biasa, secara marketing lagu ini juga sangat sukses.  Jika anda mengaku sebagai seorang fans Avenged Sevenfold, maka anda wajib mendengarkan lagu ini dalam setiap konser A7X

Lost adalah sebuah lagu yang membuat anda sedikit berpikir.  Bagaimana tidak, setiap nada mulai dari gitar, piano, dan bass diaransemen dengan sedikit unik dan rumit.  Bagian vokal pun dinyanyikan dengan teknologi "Synth" sehingga makin membuat Lost enak untuk dinikmati.  Nah, yang manakah lagu favorit anda?

Artikel Lainnya